logo

MOTTO PN DOMPU : PRIMA (Profesional, Ramah, Inovatif, Melayani & Akuntabel) - PN DOMPU Sudah Melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada pengadilan Negeri Dompu

Written by Alloy on . Hits: 69

 

PELATIHAN PENANGANAN TANGGAP DARURAT BENCANA DAN KEBAKARAN 2021

 

 

 

Pada Hari Jum'at tanggal  (19/02/2021) bertempat di kantor PN Dompu dilakukan acara rutin tahunan tentang pelatihan penanganan tanggap darurat bencana dan kebakaran. Acara berlangsung pada pukul 09:00 WITA yang dihadiri oleh  Ketua Pengadilan, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris serta seluruh pegawai dan Honorer. 

Sambuatan Ketua

Sambutan Ketua Pengadilan Negeri Dompu Mukhlassuddin,S.H,.M.H. mengawali rangkaian acara tersebut. Dengan adanya Sosialisasi Tanggap Darurat Bencana serta Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran ini diharapkan pegawai dan Petugas keamanan dapat mengerti dan mengetahui prosedur dan tindakan yang tepat untuk menanganinya. Karena di Indonesia, khususnya wilayah Nusa Tenggara Barat merupakan daerah yang rawan dengan Gempa Bumi, maka seluruh Pegawai dan Karyawan/Karyawati Pengadilan Negeri Dompu diharap mengikuti kegiatan ini dengan serius agar ketika terjadi risiko kerja berupa Gempa Bumi seluruh Warga Pengadilan Negeri Dompu selamat.

 

sambutan bpbd

Setelah sambutan Ketua Pengadilan Negeri Dompu, kemudian TIM BPBD Kabupaten Dompu yang dipimpin oleh Bapak Jufri ST, M.Si selaku Kepala BPBD Kabupaten dompu menyampaikan materi Sosialisasi Tanggap darurat Gempa Bencana. : Ketika melaksanakan simulasi ini, selain kita diberi materi cara-cara berlindung dan mencari tempat yang aman pada saat terjadi peristiwa Gempa Bumi, salah satu materi penting dari Sosialisasi tersebut adalah, ketika terjadi gempa bumi dan kita berada di Gedung, maa kita harus mengingat rumus BBMK, yaitu

  • Jangan Berlari
  • Jangan Berisik,
  • Jangan Mendorong, dan
  • Jangan Kembali ke ruangan

 simulasi gabung

 

Setelah penyampaian materi tanggap darurat gempa bumi, kemudian Keluarga Besar PN Dompu dipandu oleh TIM BPBD melaksanakan Simulasi Gempa Bumi. Simulasi pertama yang dilakukan adalah bagaimana tindakan yang dilakukan apabila tiba-tiba terjadi Gempa Bumi dalam Skala besar. Mereka diminta tenang (jangan panik) dan berfikir jernih kemudian mencari posisi (tempat) yang paling aman dan dekat dengannya.

Diantaranya adalah di bawah meja kerja dan pojok (ujung) dinding ruangan. Kita diminta jangan buru-buru lari ke luar apalagi posisi kita jauh dari pintu ke luar. Karena posisi diam di tempat tadi lebih aman dan minim resiko dibandingkan dengan kita berlari ke luar yang berpotensi akan terkena reruntuhan.

Setelah gempa berhenti, Pegawai diminta untuk segera mencari titik-titik jalur efakuasi dan segera keluar dari gedung Pengadilan menuju titik kumpul. Apabila ada rekan pada saat berlari terkilir atau luka, TIM BPBD juga mengajarkan bagaimana mengangkat korban tersebut menggunakan tandu dan/atau memapah rekan yang terkilir kakinya menuju titik kumpul.

 

 sambutan poldam

Setelah simulasi selesai, dilanjutkan sosialisasi dan simulasi oleh Tim dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Dompu. Sosialisasi yang disampaikan oleh Kasubag bidang Linmas dan Kebakaran ini bertujuan agar pegawai dan Petugas keamanan dapat mengerti dan mengetahui prosedur dan tindakan yang tepat untuk memadamkan kebakaran sehingga apabila terjadi kebakaran dapat segera diatasi dan dipadamkan. Salah satunya dengan penggunaan APAR (Alat Pemada Api Ringan).Sebelum menggunakan APAR, diwajibkan untuk melakukan pengeceken terlebih dahulu antara lain:

  1. Posisi masih tersegel,
  2. Ada Pen Pengaman,
  3. Pada label pengecekan APAR (tanggal pemeriksaan dan kondisi APAR) masih berfungsi,
  4. Jarum barometer tekanan harus berada pada area hijau.

Setelah itu dijelaskan pula cara penggunaan APAR yang tepat dan benar dengan langkah

  1. Buka segel dengan cara memutar pinnya
  2. Tarik pin APAR ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m- 3 meter dari api
  3. .Angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api
  4. Semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam hingga padam.

 

 apar gabung1

Setelah selesai melakukan sosialisasi tentang cara penggunaan APAR dengan baik dan benar serta bagaimana cara mengetahui APAR yang masih baik dan berfungi kegiatan selanjutnya adalah praktek menggunakan APAR yang di lakukan oleh petugas damkar dan beberapa staf dari Pengadilan Negeri dompu.

 foto bersama

Semua kegiatan selesai pukul 11.00 WITA lalu diakhiri dengan foto bersama seluruh Pegawai di lingkungan Pengadilan Negeri Dompu beserta BPBD dan Satpoldamkar. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Negeri Dompu

Jl. Beringin No. 2 - Dompu

Telp: 0373-21122

Fax: 0370-21122

Kode POS: 84212

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Copyright © 2015 - Pengadilan Negeri Dompu