Home / Profil Institusi / Wilayah Yurisdiksi

Wilayah Yurisdiksi

PETA WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI DOMPU

Kabupaten Dompu merupakan salah satu kabupaten dalam wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat dengan letak diantara 117o – 118o Bujur Timur dan 8o – 9o Lintang Selatan dengan batas sebagai berikut :

Sebelah Utara
:
Lautan Flores dan Kabupaten Bima
Sebelah Selatan
:
Lautan Indonesia
Sebelah Barat
:
Kabupaten Sumbawa
Sebelah Timur
:
Kabupaten Bima

Peta Wilayah Propinsi NTB :

Peta Yurisdiksi PN Dompu :

Kabupaten Dompu meliputi 8 (delapan) kecamatan diantaranya : Kecamatan Hu’u, Kecamatan Pajo, Kecamatan Dompu, Kecamatan Woja, Kecamatan Kilo, Kecamatan Kempo, Kecamatan Manggalewa, Kecamatan Pekat, dengan jumlah Desa/kelurahan sebanyak 81 yang terdiri dari  9 Kelurahan dan 72 Desa. Dengan luas wilayah mencapai 2.324,55 KM2 dengan ketinggian kota berkisar antara 15-62 m diatas permukaan air laut, luas tersebut mencakup Pulau Satonda seluas 472 Ha.

Letak kabupaten Dompu yang berada diantara Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima yang sebagian besar berupa perbukitan, selebihnya berupa lahan pertanian baik yang sudah dimanfaatkan sebagai sarana dan prasarana wilayah termasuk bangunan perkantoran, jalan maupun sarana lainnya.

Sarana transportasi umum yang dapat dipergunakan untuk mobilitas masyarakat berupa bemo / minibus, benhur (kendaraan berkuda sejenis andong atau cidomo) serta ojek. Sedangkan bis digunakan untuk angkutan antar kota antar kabupaten dalam propinsi bahkan sampai keluar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Untuk sampai ke Kabupaten Dompu dapat ditempuh melalui perjalanan darat maupun udara, bila menggunakan sarana bis dari Mataram dapat ditempuh selama 10-11 jam perjalanan, termasuk menyeberangi Selat Alas menggunakan kapal laut sekitar 2 jam. Kalau menggunakan pesawat terbang menempuh jarak rute Denpasar – Bima selama sekitar 1 jam ditambah 2 jam perjalanan darat dari Bima ke Dompu, sedangkan pesawat dengan rute Mataram – Bima selama 1 jam 15 menit ditambah 2 jam perjalanan darat dari Bima ke Dompu.

Gedung Kantor Pengadilan Negeri Dompu terletak di pusat Kota Dompu tepatnya di Jalan Beringin  No. 2 Dompu atau tepat di depan Gedung Kantor Bupati Kabupaten Dompu, Gedung Kantor Pengadilan Negeri Dompu terdiri dari dua bangunan, yaitu bangunan induk dan bangunan berbentuk “letter U”. Bangunan induk digunakan sebagai ruangan Ketua, Wakil Ketua, hakim, Panitera / Sekretaris, Wakil Panitera, Wakil Sekretaris dan ruangan administrasi non teknis, sedangkan ruang Panitera Pengganti dan Ruang sidang terletak pada bangunan “Letter U” dimana ruang sidang pada ujung-ujung bangunan tersebut.